Monday, December 19, 2011

Teknologi itu ...


Halo temen temen, kali ini saya mau ber opini tentang kemajuan teknologi yang ada pada dunia sekarang. Gimana menurut kalian zaman sekarang? Pasti sudah enak banget kan, bayangin gimana kalo kita hidup di zaman dahulu, dimana listrik masih jarang sekali ditemukan. Nggak kayak sekarang, jangankan jauh dari listrik, zaman sekarang orang jauh dari hp aja udah kebingungan bukan main.



Sebelumnya, kita apresiasi dulu buat semua pahlawan pahlawan teknologi yang udah bikin hidup kita semakin mudah. Mulai dari adanya bola lampu, kendaraan bermotor, telepon genggam sampai internet pun sekarang sudah dapat diakses oleh hampir seluruh manusia. Disini saya akan membahas tentang kira kira, hal apa saja yang bakal merugikan kita dengan semakin majunya teknologi. Oke, disini saya cuman sekedar ber opini ya, mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan.

Masalah pertama yang sering banget muncul adalah masalah makin sedikitnya orang jujur. Oke, kalian pasti bertanya tanya kan apa hubungannya kemajuan teknologi sama kejujuran ? Kita ambil contoh kecil saja, pada saat ujian atau kuis berlangsung, tindakan “ngerepek” atau mencontek sering banget kan ada di lingkungan sekitar. Apalagi sekarang sudah ada handphone yang ukurannya kecil kecil. SMS an atau bahkan browsing sudah menjadi hal yang sering dilakukan oleh para pelajar apabila ada kesempatan.

Masalah kedua adalah tingkat kemalasan seseorang semakin bertambah. Kebanyakan orang sekarang selalu berpikiran hal hal pintas. Sedikit sedikit google, sedikit sedikit google. Hal ini membuat pola pikir mereka menjadi sangat pendek. Coba bayangin aja gimana orang dulu? Apa yang membuat mereka termotivasi sampai sampai menciptakan teknologi yang canggih canggih seperti sekarang ?


Masalah ketiga adalah kurangnya sosialisasi antar sesama. Bukankah manusia disini diciptakan sebagai makhluk sosial? Bayangin aja sekarang, berapa jam yang diluangkan manusia untuk bersosialisasi dengan teman teman seumurannya. Disini saya benar benar merasakan efek kemajuan teknologi yang hampir membuat semakin sedikitnya interaksi dengan lingkungan sekitar.


Yang keempat adalah semakin terlihatnya perbedaan antara masyarakat kecil dan masyarakat tingkat atas. Coba kita lihat di desa desa terpencil, disana kita jarang sekali melihat jangankan televisi di rumah rumah, disana kita juga belum melihat lampu lampu sebagai sarana penerangan jalan. Coba kalian pikir, bagaimana misalnya disana ada lubang lalu terjadi kecelakaan, siapa yang perlu di salahkan ? Pengendara atau pemerintah ?


Oke, terima kasih atas perhatiannya teman teman, disini saya cuman ingin membuat kita sadar bahwa janganlah kita diperbudak oleh teknologi. Janganlah kita terlalu addict sama teknologi. Ingat fungsi awal teknologi, yaitu untuk semakin mempermudah kehidupan kita, tapi jangan lupa sama fungsi kita sendiri di dunia. Disini bukan saya kontra dengan adanya teknologi, tetapi disini saya ingin agar semuanya tidak lalai akan kewajibannya.
 
Sincerely


AldiKsKs XD

1 comment: