Tuesday, December 20, 2011

Pengkaderan itu Indah

Kali ini saya akan beropini tentang seberapa pentingnya sih pengkaderan dimata saya.


Pengkaderan, kayaknya kata yang satu ini termasuk dalam jajaran salah satu kata yang ditakutin sama hampir semua mahasiswa baru. Kebanyakan calon mahasiswa baru pasti bayangin kalau misalnya pengkaderan adalah tindakan dimana senior balas dendam terhadap junior. Kalo anda termasuk dalam golongan masyarakat awam sih kayaknya hampir dipastikan anda akan memiliki pola pikir seperti itu. Tapi hal yang dijelaskan diatas itu sama sekali tidak benar.

Pengaderan sendiri kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti proses, cara, perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader. Kader disini maksutnya adalah calon penerus. Berarti kalau dilogika, pengkaderan yang dimaksut dalam kampus kampus adalah proses dimana mereka ingin mendidik kita yaitu sebagai mahasiswa baru, agar kita ke depannya bisa lebih baik daripada mereka. Tetapi kalau misalnya dengan teori saja, kita kayaknya nggak bakalan menggugah hati kita buat merubah mind set awal kita. Apalagi yang misalnya dari awal memang kontra dengan adanya istilah pengkaderan.

Tetapi, coba pikirkan lagi, kita disini adalah calon penghuni kampus selama minimal 3,5 tahun. Kita bakalan "tinggal" disini sebagai satu keluarga selama minimal 3,5 tahun. Kita ibaratkan, kita adalah seorang warga yang akan pindah ke daerah perumahan lain. Untuk pindah, kita sebaiknya kan harus bersosialisasi dulu dengan lingkungan sekitar, yang notabene telah lebih dulu ada di daerah sana daripada kita. Maka dari itu, kita sebaiknya menghormati kepada orang orang yang telah terlebih dahulu menempati daerah tersebut.

Sedangkan, masalah proses pengkaderannya sendiri kita kan selalu berpikiran negatif tentang itu. Sekarang pikirkan lagi hal positif yang bisa kita dapatkan dengan mengikuti pengkaderan itu.
  • Pertama, kita bisa mengkondisikan kita dalam sebuah perusahaan, yang diibaratkan sebagai sebuah himpunan.
  • Kedua, kita bisa memiliki keluarga baru di lingkungan kampus. Sehingga, apabila kedepannya kita mempunyai masalah, keluarga baru kita pasti akan menolong kita.
  • Ketiga, dengan kita mengikuti pengkaderan, otomatis kita menambah kenalan kakak kakak yang telah lebih dulu masuk jurusan kita. Dengan kita berkenalan, maka otomatis kita bisa bertanya tanya masalah tugas, dosen, atau meminjam hand out hand out. 
Jadi sebenarnya, pengkaderan itu adalah tindakan yang positif untuk kita sebagai mahasiswa baru. Kita disini diharapkan ke depannya akan menjadi pribadi yang baik, pribadi yang dapat berguna bagi nusa dan bangsa, pribadi yang dapat mengharumkan nama jurusan, atau bahkan nama negara. Lagipula teman teman, masa yang indah, masa masa yang nantinya dapat kita ceritakan ke anak cucu kita cuman ada 2, yaitu masa dimana kita di WISUDA dan masa dimana kita MEMBENTUK SATU KELUARGA BARU, YAITU KELUARGA 2011.

Sincerely


AldiKsKs XD

1 comment: