English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, December 21, 2011

Sekolah Alam Indonesia

Kali ini saya akan membahas tentang Sekolah Alam Indonesia (SAI).



Sekolah Alam Indonesia atau biasa disingkat SAI, merupakan sebuah gagasan baru yang timbul karena mereka menginginkan perubahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Bukan sekadar perubahan sistem, metode, dan target pembelajaran, melainkan perubahan paradigma pendidikan secara menyeluruh yang pada akhirnya mengarah pada perbaikan mutu dan hasil akhir dari proses pendidikan itu sendiri.

Di SAI ini, anak anak dibebaskan untuk bereksplorasi, bereksperimen, berekspresi tanpa dibatasi sekat dinding dan berbagai aturan yang mengekang rasa ingin tahu mereka
. Sehingga kedepannya nanti, anak anak diharapkan mampu menjadi pribadi yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan, dan siap menjadi pemimpin sesuai dengan hakikat penciptaan manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi.

Disini anak anak juga dibebaskan dalam ancaman ancaman berupa nilai ataupun rangking. Prestasi setiap anak tidak dilihat dalam perbandingan dengan anak lain, tapi dari upaya mereka memaksimalkan potensi diri dan menjadi lebih baik. Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan, tidak membebani.

Guru guru di SAI disini pun tidak seperti guru guru yang ada di sekolah sekolah, Kreativitas guru tidak dibatasi oleh buku paket dan target nilai. Disini guru berperan tidak sebagai pengajar, tetapi sebagai fasilitator dan menjadi teman untuk anak anak sekalian. Mereka mendidik supaya anak anak tidak sekedar tahu, tapi bisa melakukan. Tidak sekadar kenal, tapi paham. Tidak sekadar berilmu, tapi berkarakter dan berakhlak mulia. Tidak sekadar mandiri, tapi bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dikerjakan.

Demikian sedikit informasi mengenai Sekolah Alam Indonesia atau SAI. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi websitenya disini. Terima kasih atas sedikit perhatiannya.

Sincerely


AldiKsKs XD

1 comment: