English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, December 3, 2011

DotA vs Real Life ( Kehidupan Nyata )

Kali ini saya bakal ngasi suatu perbandingan kalau misalnya tidak semua game itu sampah dan gak berguna. Disini saya bakal jelasin kira kira hubungan yang ada pada suatu game sama kehidupan nyata. Saya mengambil sample game DotA ( Defense of the Ancients ). Mungkin sebagian orang sudah mengenal apa itu game DotA. Mari kita lihat hubungan hubungannya. Let's check it out :D

Defense of the Ancients


Sebelumnya, saya akan menjelaskan sedikit tentang DotA. DotA adalah sebuah game yang membutuhkan suatu kerja sama tim, agar kita dapat mempertahankan Ancient kita agar tidak dihancurkan oleh tim musuh. Game ini berbeda dengan game strategy game biasanya. Disini 1 tim yang berisi 5 orang itu akan menjalankan masing masing 1 hero (pahlawan). Orang tersebut hanya tinggal meng upgrade kekuatan dari hero tersebut. Tujuan utama ini adalah menghancurkan ancient musuh. Sudah cukup jelas ya? Kalo gitu langsung aja ke aspek aspek yang berhubungan antara DotA dan real life.

  • Kepemimpinan
Dalam kehidupan nyata, kita pasti butuh sosok pemimpin. Kalau di negara kita sekarang, kita butuh seorang presiden yang harus cermat dalam mengambil keputusan yang ada. Kalau misalnya keputusan yang beliau ambil salah, maka rakyat rakyatnya pasti akan kecewa .
Begitu halnya dalam permainan DotA, dalam game ini dibutuhkan 1 orang pemimpin yang bisa menentukan strategi yang akan dia ambil. Kecerdasan strategi dari ketua tim ini sangat berpengaruh dalam permainan. Kalau misalnya sang pemimpin salah mengambil langkah, maka kesempatan menang untuk tim musuh sangat besar.



  • Kerjasama Tim
Dalam permainan DotA, kekompakan tim bisa menjadi kunci utama kemenangan. Hilangkan rasa egois ! itulah yang harus diperhatikan agar dalam satu tim bisa kompak, dan juga harus ingat tugas tugas yang harus dikerjakan oleh personal dari setiap tim.
Sama halnya dengan di dunia nyata. Kerjasama dalam sebuah tim, membuat kita lebih mudah dalam mencapai tujuan yang ada.
  • Cermat, Teliti, dan Cekatan
Di dunia nyata, semua orang pasti ingin memiliki 3 aspek ini. Dengan memiliki 3 aspek ini, maka orang tersebut pasti dikejar kejar oleh kesuksesan, bukan orang itu yang mengejar kesuksesan.
Dalam dunia DotA, ketiga aspek ini sangat dibutuhkan dalam setiap anggota tim. Mereka harus tau kapan waktunya mereka mencari uang, dan kapan waktunya mereka berperang (membaca situasi). Semakin cermat, teliti, dan cekatan seseorang tersebut, maka skill mereka bisa dibilang semakin luar biasa.
  • Sosialisasi
Dalam dunia DotA, kalau misalnya kita tidak bermain bersama ke empat teman kita, kita akan secara random mendapatkan teman dari luar kota bahkan luar pulau. Jadi, pasti dibutuhkan komunikasi yang baik kan antar personil. Nah dalam game ini, kita diajarkan bersosialisasi sama orang orang yang kita belum kenal sebelumnya. Kita belajar menghargai satu sama lain, ya walaupun sebenarnya dalam dunia game masih banyak rasis dan hinaan hinaan yang muncul. Tapi kami (para gamers) menganggap itu adalah bentuk sosialisasi.

Ternyata tidak semua game kan isinya tidak penting ? Ternyata masih ada pula game game yang memiliki makna tersirat, tinggal kita aja pandai pandainya mengolah makna makna tersirat yang ada dalam suatu game. Sekian informasi yang dapat saya bagi, mudah mudahan berguna, dan kalau misalnya ada kritik atau apa comment aja ya dibawah. Terima kasih atas perhatiannya :D

Sincerely


AldiKsKs XD

2 comments:

  1. well common ppl who dont play games actually think minus thang than the positive (like almost ppl do)
    but this article might open their eyes a lil bit XD

    ReplyDelete